Logo

Kapolri Terima Brevet Kehormatan Usai Diajak Keliling Naik Pesawat Sukhoi

Tribratanewsmagelangkota.com, Polda Jateng, Kota Magelang - Sebelum menjelajah angkasa, empat jenderal yang akan ikut terbang dilakukan briefing tentang tata cara menerbangkan pesawat tempur. Lalu siapa jenderal itu?

Ternyata, empat jenderal itu Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, KSAL Laksamana Ade Supandi dan KSAD Jenderal Mulyono dan Panglima TNI yang juga KASAU Marsekal Hadi Tjahjanto.

 

Tribratanews.com-Empat pesawat Sukhoi terbang menjelajah udara sekitar pulau Jawa, Rabu (20-12-2017). Pesawat tempur buatan Rusia itu akan lepas landas dari Lanud  Halim Perdanakusuma bersama empat jenderal.

Sebelum menjelajah angkasa, empat jenderal yang akan ikut terbang dilakukan briefingtentang tata cara menerbangkan pesawat tempur. Lalu siapa jenderal itu?.

Ternyata, empat jenderal itu Kapolri Jenderal  Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, KSAL Laksamana Ade Supandi dan KSAD Jenderal Mulyono dan Panglima TNI yang juga KASAU Marsekal Hadi Tjahjanto.

Usai briefing, Kapolri, Panglima TNI, KSAL dan KSAU mengikuti cek kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah.

Keempat jenderal itu akan diajak terbang oleh 4 penerbang TNI AU menggunakan pesawat tempur Sukhoi SU-30 yang akan melakukan manuver air combat tactical 2 versus 2.

Usai berburu langit pada ketinggian 10.000-25.000 kaki dengan segala sensasinya, tiga jenderal yaitu Kapolri, Kasad dan Kasal memperoleh Brevet Wings dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengajak Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala Staf TNI AD Jenderal Mulyono dan Kepala Staf TNI AL Laksamana Ade Supandi untuk menjajal bagaimana manuver pesawat Sukhoi. Hal tersebut dalam rangka pemberian wings atau brevet kehormatan kepada Kapolri.

Menurut Marsekal Hadi, karena cuaca yang kurang bagus, formasi yang dilakukan pesawat Sukhoi tersebut menjadi terbatas. Namun Hadi yakin, ketiga petinggi TNI dan Polri itu merasakan sensasi yang luar biasa, ketika menaiki pesawat tempur kebanggaan Indonesia.

“Saya yakin Pak Kasad, Pak Kasal, Pak Kapolri ngerasain sensasinya terbang pake Sukhoi, terutama pas mendarat,” ujar Hadi di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Rabu (20-12-2017).

Hadi juga menjelaskan, bahwa tujuannya memberikan brevet kehormatan, sekaligus mengajak terbang Kapolri untuk menjalin silaturrahmi antar penjaga kesatuan Indonesia. Pasalnya, dengan soliditas yang terjaga antara Polri dan TNI, maka keutuhan NKRI akan semakin kuat.

“Tujuan besar acara ini adalah kita tunjukin soliditas TNI-Polri yang kita bina, selama ini kita pertahankan dan semakin kuat,” tegasnya.

 

Nyaman Tapi Waktu Manuver Pusing

Di tempat yang sama, Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian mengaku beruntung dan bangga bisa menaiki pesawat Sukhoi. Apalagi, seperti diketahui, Sukhoi merupakan salah satu armada tempur tercanggih yang dimiliki Indonesia.

“Nggak bakal bisa saya naik Sukhoi, salah satu pesawat tercanggih dunia yang dimiliki Indonesia, kalau saya bukan Kapolri,” ujar Jenderal Tito.

Menurutnya, sensasi menaiki pesawat Sukhoi sangat nyaman, bila dibandingkan kapal-kapal sejenis. Namun, karena belum biasa menaiki pesawat tersebut, Tito merasa sedikit pusing ketika bermanuver.

“Nyaman rasanya awalnya, terus dibawa manuver ke atas, bawah, kanan, kiri, pusing juga. Tapi mungkin panglima TNI nggak pusing,” kata Kapolri seraya tertawa.

Lebih jauh Kapolri menyampaikan, pemberian brevet kehormatan sekaligus menaiki Sukhoi, merupakan salah satu cara menjaga soliditas TNI dan Polri. Sehingga, kekompakan kedua instansi yang merupakan garda terdepan pertahanan Indonesia ini makin kuat.

“Ini dapat memberi dampak luas pada TNI dan Polri supaya tetap kompak. Karena TNI dan Polri dua pilar utama, untuk menjaga keutuhan Indonesia,” tegasnya.

cek IG : @tribratanewsmglkota

sumber :

https://www.tribratanews.com/kapolri-terima-brevet-kehormatan-usai-diajak-keliling-naik-pesawat-sukhoi/

 

 



Dipost Oleh Conde Magelang Kota

Portal Resmi Tribrata News Humas Polres Magelang Kota Polda Jateng

Tinggalkan Komentar