Berita Nasional

Asimilasi di LP Magelang, Napi Diantar Sampai Makassar

tribratanewsmagelangkota.com – Program pengeluaran dan pembebasan narapidana untuk program asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Virus Korona atau Covid-19 di LP Kelas IIA Magelang hingga Rabu (8/4) masih berlangsung. Bahkan petugas juga ada yang mendampingi dan mengantar warga binaan yang mengikuti program asimilasi ini hingga Bandara Hasanuddin Makasar.

Kegiatan Rabu di LP Kelas IIA Magelang juga dihadiri Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol CZI Anto Indriyanto SSos, Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan, Asisten III Sekda Kota Magelang Drs Taufiq Nurbakin MPd maupun lainnya. Kepada wartawan, Kepala LP Kelas IIA Magelang Bambang Irawan BcIP SH MH diantaranya mengatakan wargabinaan ini tempat tinggalnya cukup jauh, yaitu di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Proses yang harus dilalui cukup panjang, diantaranya melakukan koordinasi dengan beberapa pihak, termasuk dengan Pemerintah Kota Magelang, Polres Magelang Kota, Kodim 0705/Magelang maupun lainnya.

Kapolres Magelang Kota menambahkan kegiatan di LP Kelas IIA Magelang, Rabu, merupakan rangkaian kegiatan perbantuan dari TNI dan Polri serta Pemerintah Kota Magelang kepada LP Kelas IIA Magelang berkaitan dengan program asimilasi dan integrasi narapidana yang ada di LP Kelas IIA Magelang. Wargabinaan ID (45) kembali ke tempat tinggalnya di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam prosesnya diperoleh bantuan dari Pemerintah Kota Magelang untuk dapat kembali ke rumahnya, diantaranya berupa tiket pesawat terbang Yogyakarta-Makasar maupun lainnya.

Sebelumnya, kata Kapolres Magelang Kota, ada warga binaan lainnya yang juga memperoleh ongkos atau biaya untuk dapat kembali ke rumah masing-masing. Hal ini untuk menjawab pertanyaan masyarakat, bahwa dalam prosesnya dicoba semaksimalmungkin membantu untuk dapat kembali ke rumahnya dan berasimilasi dengan warga sekitarnya. “Jadi tidak berkeliaran,” kata Kapolres Magelang Kota.
Dikatakan juga, koordinasi dengan pihak daerah yang dituju juga dilakukan untuk dapat membantu proses asimilasinya, sehingga kembali dapat berkontribusi kepada masyarakat, terutama menghadapi wabah Covid-19 ini. Setelah kembali ke masyarakat diharapkan dapat membantu mencegah dan mengurangi dampak sosial dari Covid-19 ini.

Sementara itu Kepala LP Kelas IIA Magelang didampingi Kasi Binadik LP Kelas IIA Magelang Novian Endus Santosa sebelumnya menyerahkan surat keluar asimilasi kepada ID yang didampingi Kapolres Magelang Kota, Komandan Kodim 0705/Magelang dan Asisten III Sekda Kota Magelang. Berjalan menuju pintu utama LP Kelas IIA Magelang, ID juga diantar Kepala LP Kelas IIA Magelang, Kapolres Magelang Kota, Komandan Kodim 0705/Magelang dan Asisten III Sekda Kota Magelang. Bahkan ID juga sempat sujud syukur setelah melangkah keluar dari pintu utama LP Kelas IIA Magelang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tribratanews Polres Magelang Kota